HATI HATI PENIPUAN ONLINE

Hati-hati jika anda ditawari barang murah dengan alasan apapun atau bisinis apapun yang terkesan menggiurkan.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli atau mengikuti programnya kenali dulu ciri-ciri penipuan online dibawah ini :

Contoh kalimat penipuan  berkedok agen Flashcutter :

“Flashcutter turun harga !!! pesan saja disini”.

Yang benar Flashcutter tidak pernah mengumumkan turun harga. Dan jika terjadi penurunan harga tidak akan digembar gemborkan pada publik dengan alasan apapun.

“JUAL FLASHCUTTER MURAH”. 

Flashcutter yang asli harganya standar perusahaan (UNICEFF CORPORATION), harganya seragam dan tidak murah tapi juga tidak mahal.

“Jual Flashcutter merek Astronot atau merek apapun”.

Flashcutter adalah Merek Dagang  UNICEFF Corporation sejak 2006, jadi lucu jika dikatakan ada Flashcutter merek lain karena “Flashcutter”  itu sendiri adalah Merek Dagang.

Sebagian penipu lagi menunjukkan surat-surat legalitas  semacam hak paten yang seharusnya menjadi dokumen perusahaan, jadi bukan dipublikasikan untuk keperluan yang tidak jelas, apalagi di Internet. Lucunya surat yang ditunjukkan ada yang dikaburkan atau diedit tanggal terbitnya.

Contoh : Menunjukkan surat Hak Paten Merek flashcutter berlebel tahun 2011, padahal faktanya Flashcutter sudah beredar dan banyak dipakai oleh rumah sakit, medis dan paramedis diseluruh Indonesia dan Malaysia sejak tahun 2006.

Hati-hati pada penipuan yang menjual barang ilegal dan berkualitas buruk, atau tidak sesuai dengan yang ditawarkan, dan hanya sebagai label/kamuflase untuk melakukan penipuan.

 

Ciri-ciri penipuan di internet yang paling banyak ditemui :

 

1. DOMAINNYA GRATISAN

Bisnisnya masih perlu dipertanyakan jika menggunakan domain gratis. Bagaimana kita bisa percaya jika situsnya gratisan?


2. WHOIS DOMAINNYA PRIVATE/DISEMBUNYIKAN

Waspadalah jika informasi tentang kepemilikan domainnya (whois recordnya) disembunyikan/private. Yang berarti bahwa tidak ada yang bertanggung jawab atas domain tersebut, karena pemiliknya tidak berani menunjukkan identitasnya.

3. WEB HOSTINGNYA GRATISAN

Bisnis itu tidak aman jika menggunakan web hosting gratisan. Juga tidak stabil, tidak jelas kualitas, performance, atau uptime-nya.


5. HANYA DIKELOLA OLEH SATU ORANG

Bisnis seperti ini berpotensi penipuan, karena hanya dikelola oleh satu orang. Jika terjadi sesuatu padanya (seperti: kecelakaan/sakit/mati) maka bisnis tersebut tidak bisa berjalan lagi, ini berpotensi scam terhadap pembeli yang membayar duluan tapi tidak mendapat produk.


6. ALAMATNYA TIDAK JELAS

Hindari bisnis online yang tidak memiliki alamat yang lengkap dan jelas.


7. TIDAK ADA NOMOR TELEPON LOKALNYA

Bisnis yang bisa dipercaya adalah jika memiliki nomor telepon lokal (sesuai alamatnya) yang bisa dihubungi.

9. ADA KEBOHONGAN DALAM ISI/KONTENNYA

Jangan percaya jika isinya terlalu membesar-besarkan dan/atau terdapat unsur-unsur penipuan. Tepatnya “berbohong untuk menarik pembeli“. Salah satu contoh kata-kata penipuan yang populer adalah: “Produk bonus ini akan hangus jika anda memesan setelah tanggal xxx“, dan “Rahasia mengambil uang di ATM tanpa kurangi saldo awal“.


10. SISTEM BISNISNYA TIDAK JELAS

Tidak dijelaskan secara transparan, dan ada hal-hal yang disembunyikan. Banyak sekali penipu yang melakukan hal ini. Jangan mengikuti/membeli jika anda tidak tahu apa-apa tentang bisnis tersebut.

11. PRODUKNYA BURUK

Hati-hati, jika produknya ilegal, atau tidak sesuai dengan yang ditawarkan, atau tidak berkualitas, dan hanya sebagai label/kamuflase untuk melakukan penipuan.


12. MONEY GAME

Money game adalah bisnis penipuan yang terlarang dan tidak aman, karena penghasilannya hanya dari perekrutan member baru, bisnis ini tidak akan berjalan jika sudah tidak ada member baru.

Tidak ada produk yang dijual, atau “produknya” hanya sekedar label dan pengantar untuk mendapatkan komisi dan keuntungan. Biasanya owner bisnisnya menolak disebut Money Game atau program piramid dengan alasan “ada produk” yang dijual, meski “produk” tersebut hanya asal-asalan (asal ada) atau hanya sekedar label untuk mendapatkan komisi (dari downline).

Berikut ini ciri-ciri penipuan Online Shop di Facebook :

  1. Tidak mau COD (cash on delivery) alias bayar ditempat, hanya menerima pembayaran via transfer.
  2. Tidak mau menggunakan Jasa Rekening Bersama (jasa pihak ketiga untuk pembayaran) disertai dengan berbagai macam alasan.
  3. Alamat tidak jelas, biasanya di tempat-tempat jauh/pedalaman ataupun menggunakan alamat palsu atau mengaku tinggal di daerah Batam/Riau.
  4. Harga barangnya miring bukan main, alias murah tidak masuk diakal, biasanya mengaku BM atau Black Market padahal Barang Mimpi.
  5. Wall di account Facebook-nya di proteksi ataupun isinya hanya update status dagangannya, tidak bisa dikomentari.
  6. Testimoni berupa komentar tidak ada, testimoni berupa bukti pengiriman menggunakan gambar yang diambil dari tempat lain.
  7. Mutual friend-nya sedikit sekali atau tidak ada teman kita yang menjadi temannya.
  8. Jika sudah transfer, maka dengan cepat account/link facebook sang pedagang akan hilang atau berganti.
  9. Selalu googling data sang pedagang, mulai dari Nama, Alamat, No Rekening, No HP untuk memeriksa track record pedagang.
  10. Jika tiba-tiba ada teman Facebook yang berjualan dengan ciri-ciri diatas perlu dicurigai bahwa accountnya telah dibajak oleh orang lain yang ingin meraup keuntungan semata

Jika menemukan ciri-ciri tersebut diatas, segera urungkan niat anda bertransaksi dengannya, harga murah menjadi daya tarik tersendiri tapi juga membuat anda menyesal dikemudian hari. WASPADALAH !

 

(Dihimpun dari berbagai sumber).

Leave a Reply