Penjahitan ( hekting ) Pada Sirkumsisi

Hekting/Penjahitan

 

Tujuan penjahitan adalah untuk mendekatkan daerah luka (aproksimasi) agar penyembuhan lebih cepat. Penjahitan dilakukan antara bagian ujung sisa mukosa dan tepi kulit, setelah benar-benar yakin tidak ada lagi pendarahan aktif.

Penjahitan ini dimulai dari bagian luar sisa mukosa mengarah ke pangkal penis untuk menembus tepi kulit dari dalam. Perlu diingat bahwa arah penjahitan selalu menjauhi glans penis untuk menghindari trauma pada glans.

 

Ingat :

Sebelum dilakukan penjahitan, pastikan tidak ada lagi perdarahan aktif. Lakukan pengecekan dengan balut tekan yang dilingkarkan, kemudian buka dan perhatikan apakah masih ada perdarahan.

 

Sebelum dilakukan penjahitan ada yang memakai/melakukan tali kendali di jam 3, 9, dan jam 12 dengan maksud supaya jahitan lebih rapih dan simetris. Tali kendali dibuat dengan menyatukan mukosa dan kulit oleh benang sepanjang sekitar 6cm tanpa disimpulkan. Ujung benang tadi diklem agar terfiksasi. Sesudah hekting selesai, tali kendali ini dapat digunting atau diikat sebagai bagian dari hekting.

Banyak penjahitan tergantung pada keperluan dan dikaitkan dengan kebutuhan kosmetik. Penjahitan ini ada beberapa macam, yaitu :

 

  1. Penjahitan satu-satu (interrupted suture)

 

Adalah menghubungkan mukosa dan kulit di satu tempat saja. Kemudian pindah ke tempat lain tanpa berhubungan dengan jahitan sebelumnya. Keuntungannya adalah lebih mudah dan tidak menimbulkan pencekikkan atau penekanan pada batang penis bila terjadi edema. Keuntungan lain adalah jika terjadi penyulit seperti perdarahan, hanya jahitan di daerah perdarahan saja yang di buka untuk mencari sumber perdarahan.

Penjahitan jenis inilah yang umumnya dilakukan. Penjahitan biasanya dilakukan di jam 3, 6, 9, dan 12.

 

  1. Penjahitan Jelujur (continuous suture/door loven)

 

Adalah jahitan langsung mengikat mukosa dan kulit secara kontinyu sampai seluruh lingkaran insisi terjahit. Jadi, dengan penjahitan ini seluruh potongan mukosa dan kulit disatukan di sepanjang lingkaran insisi. Cara ini lebih sulit terutama pada anak yang tidak kooperatif. Kerugiannya adalah jika terdapat penyulit perdarahan di daerah tertentu bila jahitan dibuka, jahitan lainnya akan longgar dan lepas. Kerugian lain adalah dapat menimbulkan penekanan terhadap daerah di bawah jahitan bila terjadi edema sehingga penis seakan-akan tercekik. Keuntungan penjahitan ini seluruh lingkaran insisi terjahit sehingga lebih rapih.

Leave a Reply