Teknik Plestiblle Khitan

Insisi dilakukan dengan menggunakan bantuan klem berbentuk seperti corong. Prinsip dari teknik ini adalah pemotongan prepusium dengan melindungi glans oleh klem plestiblle yang juga berfungsi sebagai landasan pemotongan.

Keuntungan teknik ini adalah resiko tersayatnya glans penis sangat kecil karena glans dilindungi oleh klem. Kerugiannya adalah harus tersedia cukup banyak klem plestiblle dengan berbagai ukuran sesuai dengan besar kecilnya penis.

 

Teknik penggunaanya :

  1. Tandai batas insisi
  2. Pilih plestiblle yang sesuai dengan ukuran glans penis dan masukkan plestiblle sampai bagian terbawahnya menutupi korona glandis.
  3. Tarik prepusium sampai tanda insisi yang telah dibuat tadi sejajar dengan garis atas plestiblle kemudian ikatlah dengan kuat.
  4. Sayatlah prepusium tepat di atas tanda yang telah dibuat.
  5. Lepaskan ikatan berikut plestibllenya.
  6. Rapikan kulit dan mukosa.

Jika prepusium sulit dibuka dengan lebar untuk memasukan klem plestiblle, prepusium dilebarkan dengan klem mosquito atau dapat dilakukan insisi di jam 12

 

Gambar Teknik insisi Plestiblle

 

  1. Setelah batas insisi dibuat, masukkan klem ke dalam prepusium sampai bagian kap melindungi glans.
  2. Tarik prepusium ke atas (ke distal) sampai batas insisi berada di leher klam plestiblle. Ikat prepusium di batas insisi tepat di bagian leher plestiblle. Insisi sedikit di atas ikatan dengan bisturi.

Leave a Reply